Sinergitas Pemda dan MUI di Idul Adha

Bagikan :

Newsomi: Pada Idul Adha tahun ini Pengurus MUI Kabupaten Kepulauan Meranti telah melakukan pendelegasian tugas dalam melaksanakan kegiatan sholat idul adha di berbagai tempat. Ketua Umum MUI, Dr. Imam Ghozali, M.Pd.I menjadi khatib di Masjid Al-Hafazoh Desa Mengkerau Kecamatan Tasik Putri Puyuh dan imam sholat idul adha Muhammad Shodiq, S.Pd.I sebagai Ketua Komisi MUI dalam bidang pendidikan dan kaderisasi . kegiatan sholat Idul Adha di desa tersebut merupakan program kegiatan bupati, dan dihadiri langsung oleh bapak bupati, H. Muhammad Adil, SH, MM, beberapa Kepala Dinas dan OPD. Sekertaris Mui, Dr. Chanifuddin, M.Pd.I menjadi Khatib Di Masjid Pemda, dan Kiai Mardio, S.Pd.I  Wakil Ketua Pertimbangan MUI Menjadi Khatib di Masjid Agung Darul Ulum, dan Kiai Dalhar Ketua Komisi Fatwa menjadi khatib di Masjid Ar-Rahman Kapolres Kabupaten Kepulauan Meranti serta Sekertaris Umum, Ustadz Muhammad Taufik menjadi khatib di Masjid An-Nur Pesantren Bahrul Ulum Selatpanjang Kota ( Minggu, 10 Juli 2022).

Beberapa sumber yang penulis rangkum secara garis besarnya materi khatib Idul Adha berkaitan dengan hikmah Idul Adha dilihat dari beberapa aspek; agama, politik, ekonomi dan pendidikan. Idul adha dalam pendekatan agama mengajarkan kepada umat islam senantiasa untuk selalu bertaqarub kepada Allah dan selalu memanjatkan doa untuk kebaikan keluarga, masyarakat dan negara. Pendekatan politik, bahwa persoalan-persoalan yang terjadi saat sekarang ini membutuhkan adanya kerjasama dan saling bahu-membahu dalam mewujudkan program-program agar bisa terealisasikan program-program pemerintah kabupaten kepulauan meranti. Pendekatan ekonomi, bahwa kemandirian masyarakat sangat penting dalam menciptakan kekuatan ekonomi sebagaimana yang dicontohkan oleh hajar dan ismail saat ditinggal oleh Ibrahim di makah. Pendekatan pendidikan bahwa belajar dari nabi Ibrahim, Islam perlu memperbaiki sistem pendidikan yang bisa melahirkan generasi yang tangguh sehingga akan melahirkan masyarakat yang maju, cerdas dan bermartabat.

Selesai acara sholat Idul Adha, baik bupati dan para khatib dan imam masjid melaksanakan pemotongan sapi di masjid masing-masing termasuk di antara sapi tersebut berasal dari bantuan dari pemerintah daerah kabupaten kepulauan meranti.


Bagikan :

Vijian Faiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lomba Takbir di Malam Idul Adha

Mon Jul 11 , 2022
Bagikan :moreNewsomi: Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil, SH, MM membuka acara lomba takbir di malam Hari Raya Idul Adha dan Doa Di Pandu oleh Dr. Imam Ghozali, M.Pd.I ( Sabtu, 9 Juli 2022). Dalam sambutannya, bupati Adil menyampaikan pesan-pesan berkaitan dengan kemulyaan malam Idul Adha dalam mengagungkan asma Allah […]