MUI Jalin Kerjasama dengan Kemenag

Bagikan :

Newsomi.com: Majelis Ulama Indonesia[MUI] menjalin kerjsama dengan Kementrian Agama[Kemenag] Kabupaten Kepulauan Meranti[Senin,23 Mei 2022]. Kerjasama ini merupakan wujud dari komitmen mui dalam mewujudkan visi dan misi sebagai organisasi yang tidak hanya membahas persoalan ulum al-dien, juga organisasi yang berkiprah dalam berbagai sektor kegiatan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan dan memberi manfaat bukan hanya umat Islam, tapi juga memberi kenyamanan bagi non-muslim sebagai bagian dari masyarakat kabupaten kepulauan meranti yang multi-agama dan multi kultural.

Drs.H.Sulman menjelaskan bahwa di kementrian agama bukan hanya membidangi tentang persoalan agama islam, tapi juga agama-agama lain yang diakui oleh negara seperti : Kristen, Hindu, Buda, dan Konghucu. Kompleksitas ini perlu kerjasama dengan mui dalam rangka memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjadi salah presepsi yang selama ini selalu diidentikan dengan agama islam.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Imam Ghozali, M.Pd.I mengatakan bahwa ada perbedaan antara MUI dan kementrian agama. MUI adalah organisasi non-pemerintah atau semi pemerintah yang khusus menaungi kepentingan agama Islam dengan beragam organisasi keagamaan seperti NU dan Muhamadiyah. Sedangkan kementrian agama adalah lembaga pemerintah yang mengayomi seluruh agama yang ada di Indonesia. peran MUI dalam hal ini memberi penjelasan tentang ajaran-ajaran Islam dan sikap dalam kehidupan sosial-kemasyarakatan dan berbangsa-bernegara terhadap keberagaman tersebut sebagaimana yang dicontohkan oleh nabi Muhammad saw dalam Piagam Madinah.

Wujud kerjasama antara MUI dan Kemenag Kabupaten Kepulauan Meranti dengan mengadakan seminar pada tanggal 28 Mei 2022 dengan tema “Kedudukan mui Sebagai Mitra Pemda dan Pemerintah Pusat dalam Mewujudkan Masyarakat Meranti Yang Maju, Cerdas dan Bermartabat.” Pemateri seminar ini yaitu : Drs. H. Sulman, Dr. Imam Ghozali, M.Pd.I dan Mardio Hasan, S.Pd.I.


Bagikan :

Vijian Faiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Imam Ghozali ikut seminar MUI Provinsi Riau

Sat Jun 11 , 2022
Bagikan :moreNewsomi.com: Ketua Umum MUI Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr. Imam Ghozali, M.Pd.I mengikuti seminar yang diadakan oleh MUI Provinsi Riau (Sabtu, 11 Juni 2022). Seminar yang diadakan secara ofline di hotel dafam pekanbaru, dan secara online melalui via zoom. Tema seminar: “ Dampak Perang Rusia dengan Ukraina Terhadap Dunia Islam […]