Hikmah Kematian Vanessa Angel

Bagikan :

Berita kematian artis Vanessa angel  pada hari kamis, 4 november 2021 menjadi perhatian public. Dia dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakan maut di jalan tol nganjuk jawa timur. Sebagai figure public, kematiannya menimbulkan kesedihan yang sangat mendalam bagi keluarga, kerabat dan para fans di dunia maya.

Saya tentu tidak melihat pada latarbelakang kehidupannya sebagai seorang artis. Bagi saya, semua manusia ada kelebihan dan kelemahan, ada kebaikan dan kekurangan. Semua menyatu pada diri manusia, termasuk pada Vanessa angel. Namun paling tidak ada suatu pelajaran yang bisa diambil dari kematianya sebagai pembelajaran bagi manusia yang masih diberi kesempatan menghirup udara segar. Karena kematian sangat misteri. Kita tidak menyangka peristiwa tersebut akan terjadi, dan peristiwa ini pun akan menjadi misteri bagi semua.

Tuhan telah berfirman dalam Q.S Yunus. [10]: 14

لكل امة اجل اذا جاء اجلهم فلايستئخرون ساعة ولا يستقدمون

Artinya :

Tiap-tiap umat mempunyai batas kehidupan [ajal]. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya dan tidak dapat dimajukan sesaatpun.

Tuhan telah menjelaskan bahwa batas suatu umur kehidupan suatu kaum atau umat manusia baik secara individu maupun kolektif ada batas-batas yang telah ditentukan oleh Allah s.w.t. namun proses berhentinya umur mempunyai keberagaman.

Makna umur bagi sebuah kaum [umat manusia] bisa atas nama suatu bangsa dan negara ada masa perintisan, perkembangan, kejayaan, kemunduran, dan kehancuran sehingga tidak ada lagi keberadaanya di dunia kecuali hanya tinggal sejarah. Lalu akan diganti lagi oleh bangsa-bangsa lain yang menjadi pelaku sejarah dan mencapai puncak kejayaan. Dulu pernah ada negara-negara maju seperti yunani, romawi dan Persia. kini negara tersebut telah kehilangan kejayaan dan sudah hancur. Lalu muncullah negara-negara baru dan menjadi peran dalam mengelola kekuatan dunia.

Begitu juga kejayaan pada suatu bangsa tertentu dengan generasi yang berbeda-beda.  Indonesia pada orde lama, Soekarno mencapai puncak kejayaan. Lalu hancur dan diganti oleh soeharto selama 32 tahun. Begitu juga saat Soeharto mengalami kemunduran, munculah para penguasa baru di era reformasi. Begitu seterusnya, ada naik pasang suatu kejayaan dan kemunduran umat manusia.

Ketika makna kaum diartikan sebagai individu, maka setiap hari sering kita mendengar suatu kematian. Ada kematian karirnya, hancur keluarganya, dan juga kematian umurnya. Kita juga bisa melihat, banyak para hartawan yang melimpah tak terhingga jumlahnya, kini laksana hidup sebatang kara. Begitu juga para karyawan yang dulu harus mengabdi kepada majikannya pun kini merintis usaha dan berkembang menjadi juragan baru. Semua ini berlaku pada makna kehidupan dan kematian dalam pengertian subtantif maupun formatif. Semua akan terus berjalan silih berganti sepanjang sejarah.

Kini Vanessa Angela telah tiada. Dia mati umurnya, sekaligus mati karier dan kekayaannya termasuk kekayaan kecantikan wajah dan tubuhnya. Maka akan muncul Vanessa-vanessa baru yang akan menggantikan kedudukannya dalam dunia artis dan hiburan.

Namun kita sebagai orang yang beriman kepada Allah harus bisa mengambil pelajaran. Jika karir hancur kita masih bisa merangkak untuk memperbaiki lagi dari bawah. Jika rumah tangga hancur, masih bisa membangun kembali dengan model yang baru. Tapi ketika kematian umur sudah datang, kita tidak bisa hidup lagi di dunia kecuali amal sholeh dan kebaikan kita yang dikenang oleh manusia.

Beribadahlah dan beramal sholehlah. Semoga kita tetap dikenang oleh makhluk dunia dan makhluk di langit.


Bagikan :

Vijian Faiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Merawat Pancasila Melalui Perguruan Tinggi Dari Pengaruh Revivalisme Islam

Sat Nov 6 , 2021
Bagikan :moreIMAM GHOZALI Dosen Tetap Ahwalu Syahsiyah STAIN Bengkalis e-mail: gaza_liem@yahoo.co.id Abstract Era reformasi pada tahun 1998 membawa dampak melemahnya nilai-nilai Pancasila di Perguruan Tinggi. Pintu reformasi telah membuka lebar masuk arus baru pemikiran revivalisme Islam. Paham ini masuk melalui partai politik dan organisasi keagamaan yang mempunyai tujuan menegakan syariat […]